Kepala Perwakilan BPKP Prov.Kalteng Menjadi Narasumber di Gelar Pengawasan kab.Barito Timur

Bertempat di ruang rapat bupati, 8 Desember 2016, gelar pengawasan Kabupaten Barito Timur digelar dengan tema “dengan Langkah Niat, Komitmen, kosisten dan Konsekuen, Mari Kerja Bersama Kita wujudkan Opini WTP atas LKPD TA 2016’. Acara dihadiri oleh Bupati, wakil Bupati, Sekda, Kepala SKPD, Camat, Lurah dan Kades serta Bendahara Pengeluaran dengan menghadirkan narasumber dari Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Tengah, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Inspektorat Provinsi Kalintan Tengah  dan Inspektorat Kabupaten Barito Timur. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi kalimantan Tengah, Kwinhatmaka menghadiri gelar pengawasan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Taufik Maulana.

Inspektur Kabupaten Barito Timur dalam sambutannya, selaku penyelenggara, gelar pengawasan dimaksudkan untuk memaparkan hasil pengawasan dan mencari masukan bagi peningkatan penyelenggaraan pengawasan fungsional serta percepatan proses penyelesaian tindak lanjut. Disamping itu, gelar pengawasan bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahaan, pelayanan masyarakat, dan peningkatan pengawasan melekat dalam menghindari kesalahan-kesalahan yang berulang.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur kabupaten Barito Timur juga menyampaikan bahwa kabupaten Barito Timur  mendapatkan penghargaan dari BPKsebagai Peserta terbaik dalam kategori progres penyelesaian TLHP BPK Semester II tahun 2016 se Kalimantan Tengah dan telah terbentuknya satgas bersama tindak lanjut (Saber TL).

Gelar pengawasan dimulai pukul 08.00 dan dibuka oleh Bupati Kabupaten Barito Timur, Ampera.A.Y Mebas. Dalam sambutannya, diantaranya bupati menyampaikan bahwa dengan rencana aksi yang direncanakan secara baik, tahun 2016 bisa diraih opini WTP yang diharapkan setelah 2 tahun berturut-turut predikat WDP telah dicapai tahun 2014 dan 2015.

Secara bergantian, berturut-turut Para narasumber menyampaikan permasalahan dan saldo temuan yang masih harus ditindaklanjuti oleh Pemda Barito Timur. Paparan dimulai dari BPK, BPKP, Inspektorat Provinsi dan inspektorat Kabupaten.

Dalam paparannya, Kepala perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Kwinhatmaka, menyampaikan ‘Peran APIPDalamMendorongImplementasi SPIPDan TindakLanjutTemuanHasilPemeriksaanGunaMewujudkanAkuntabilitasPengelolaanKeuangan Daerah Dan Kualitas Laporan Keuangan’.

Dimulai dengan sebuah pertanyaan ‘apa yang harus dilakukan ke depan untuk meningkatkan nilai (peran) Audit intern?’, Kwinhatmaka, selanjutnya menyampaikan auditor internal dapat berperan dalam mewujudkanpublic trust,Excellence public service, danno corruption. Lebih lanjut kepala perwakilan BPKP Kalteng menyampaikan pentingnya SPIP yang efektif dalam seluruh tahapan proses manajemen/pengelolaan keuangan negara dan keandalan pelaporan keuangan. Sebelum menutup paparan dengan saldo temuan yang belum ditindaklanjuti, kepala perwakilan, berturut-turut menyampaikan permasalahan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah dan strategi dalam upaya peningkatan opini atas LKPD serta sekilas info terkait capaian kabupaten Barito Timur dibandingkan dengan kabupaten/Kota lain diwilayah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal capaian Opini atas LKPD, tingkat maturitas SPIP, Skor EKPPD, ketepatan waktu penetapan APBD, laba (rugi) PDAM, Kinerja PDAM, dan Opini PDAM.

Dalam kesempatan ini, Kwinhatmaka, kepala Perwakilan BPKP Kalteng tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Kabupaten Barito Timur karena dengan adanya kontribusi Barito Timur dalam menuntaskan tindak lanjut, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan Juara 1 Tindak lanjut dan Juara 3 pengelolaan hasil Pengawasan.

Gelar pengawasan ditutup oleh Bupati Barito Timur setelah sesi tanya jawab selesai dilaksanakan. 

sumber : http://www.bpkp.go.id/

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *